Tips Mencegah Radang Tenggorokan

Informasi tips mencegah radang tenggorokan dengan menggunakan bahan alami yang aman dan juga berkhasiat.

Sekilas Tentang Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa, remaja, ataupun anak-anak. Penyebab umum radang tenggorokan adalah virus pada tenggorokan ataupun bakteri yang ditularkan melalui udara pada saat batuk atau bersin. Atau penularannya bisa juga melalui makanan dan minuman serta barang-barang yang telah terinfeksi bakteri ini.
Seseorang yang sedang mengalami gejala flu seperti batuk dan bersin-bersin sebaiknya menggunakan masker agar tidak menulari orang lain. Tentu radang tenggorokan sangat mengganggu aktivitas anda, jangankan untuk berteriak atau bernyanyi. Untuk bicara atau menelan makanan saja tenggorokan rasanya sudah begitu sakit.
Radang tenggorokan mempunyai fase-fase, dimana pada setiap fasenya terdapat gejala-gejala. Berikut ini adalah fase-fase pada radang tenggorokan beserta gejalanya.

Gejala Radang Tenggorokan

1. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri
Dalam kondisi penyakit ini radang tenggorokan bisa dikategorikan parah karena dapat merambat pada katup jantung sehingga menimbulkan demam rhematik. Bagi anda yang belum tahu ciri-ciri radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, berikut adalah ciri-cirinya :
    • Rasa sakit saat menelan ludah ataupun makanan
    • Leher membengkak
    • Bagian tenggorokan muncul bercak putih dan tenggorokan berwarna merah
    • Suhu badan menigkat dengan disertai menggigil 
2. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus
Jika mengalami gejala-gejala di bawah ini, maka kondisi ini terbilang penyakit tenggorokan yang lebih ringan. Pada biasanya orang akan mengkonsumsi antibiotik untuk melawan virus tersebut, akan tetapi penggunaan antibiotik yang terlalu sering justru akan membuat virus kebal dan menjadi sulit untuk diobati. Berikut ini adalah gejala radang tenggorokan yang diakibatkan oleh virus yang bisa diamati :
    • Rasa perih, gatal dan kering pada tenggorokan
    • Batuk dan bersin sampai membuat suara serak
    • Mengalami sedikit demam
Saat gejala radang tenggorokan menyerang anda, maka sebaiknya jauhi beberapa jenis makanan yang dapat memperparah kondisi tersebut, beberapa diantaranya adalah, aneka macam minuman dingin, ragam makanan yang berlemak, macam-macam gorengan, aneka makanan pedas dan segala jenis minuman atau makanan panas.

Tips Mencegah Radang Tenggorokan
 
1. Membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun
Membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan beberapa kegiatan, merupakan salah satu tindakan pencegahan untuk menghindari penyebaran kuman penyebab infeksi pada radang tenggorokan. Cara mencuci tangan yang benar harus dilakukan pada saat :
  • Sebelum dan sesudah mengolah atau memasak makanan
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah membersihkan rumah
  • Setelah keluar dari toilet
  • Setelah mengganti popok bayi
  • Setelah menyentuh hewan peliharaan
  • Setelah bermain
  • Sebelum dan sesudah mengobati luka
  • Setelah melakukan penanganan sampah
  • Setelah berjabat tangan dengan orang lain
  • Setiap kali tangan terlihat kotor
2. Menghindari pemakaian barang-barang pribadi dengan orang lain
Menggunakan barang-barang pribadi seperti handuk, pakaian, maupun peralatan makan secara bergantian dengan orang lain dapat meningkatkan resiko penyebaran kuman penyebab infeksi, baik infeksi virus maupun infeksi bakteri. Untuk itu, sebaiknya anda mencuci terlebih dahulu barang-barang pribadi setelah barang-barang tersebut dipergunakan orang lain.
 
3. Pergunakan tisu atau sapu tangan ketika anda sedang bersin atau batuk
Sebaiknya Anda selalu  menggunakan tisu atau sapu tangan saat Anda sedang bersin atau batuk. Hal ini akan membantu cara mencegah radang tenggorokan menjadi menular atau menyebar pada orang-orang disekitar kita.
 
4. Menggunakan pembersih dengan alkohol jika sabun untuk mencuci tangan tidak tersedia
Alkohol mampu berperan sebagai antiseptik yang potensial untuk menghilangkan penyebaran kuman-kuman penyakit, yaitu dengan cara menggumpalkan struktur utama kuman yang berupa protein. Hal ini akan mengakibatkan matinya kuman-kuman tersebut. Alkohol merupakan antiseptik yang aman untuk kulit, namun bahaya alkohol dapat mengakibatkan sensasi terbakar jika diterapkan pada kulit yang terkelupas.
 
5. Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar
Lingkungan yang kotor merupakan habitat yang yang cocok untuk pertumbuhan kuman-kuman penyakit. Untuk itu sebaiknya Anda selalu berusaha untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah Anda. Bersihkan debu-debu yang menempel pada perabot rumah secara rutin, agar Anda dan keluarga terhindar dari berbagai macam penyakit.
 
6. Menghindari kontak dalam jarak dekat dengan penderita infeksi
Seseorang yang sedang mengalami gangguan infeksi penyakit menular seperti flu, batuk, pilek, radang tenggorokan, maupun jenis penyakit menular lainnya sebaiknya untuk sementara waktu menghindarkan diri dari kontak langsung dengan orang lain. Karena hal tersebut dapat meningkatkan resiko penularan virus dan bakteri dari dirinya pada orang-orang disekitarnya.
 
7. Menghindari polusi
Cara mencegah radang tenggorokan jika sedang banyak terjadi, sebaiknya anda lebih memilih tinggal di dalam ruangan sebanyak mungkin ketika saat terjadi polusi.
 
8. Menggunakan masker
Kalaupun Anda harus  melakukan kegiatan di luar ruangan ketika terjadi polusi, sebaiknya pergunakanlah masker. Hal ini guna menghindarkan Anda dari menghirup debu, maupun asap penyebab terjadinya polusi termasuk bahaya asap rokok.
 
9. Menghindari rokok dan alkohol
Bahaya merokok dan konsumsi alkohol dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada tenggorokan. Untuk itu, sebaiknya Anda lebih bijak untuk segera menghentikan kebiasaan menghisap rokok maupun mengkonsumsi alkohol.
 
10. Mengatur pola makan
Salah satu cara untuk menghindari terjadinya radang tenggorokan adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman  seperti makanan yang terlalu panas, makanan yang asam serta bahaya makanan pedas. Termasuk makanan yang terlalu banyak mengandung minyak, kopi dan mengandung alkohol. Sebaiknya lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan  yang dingin dan lunak serta minuman yang dingin ataupun hangat untuk menjaga tenggorokan agar tetap sehat dan terhindar dari iritasi. Untuk meminimalisir terjadinya radang tenggorokan sebaiknya anda memilih untuk mengkonsumsi :
  • Air putih untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi
  • Minum teh yang banyak mengandung antioksidan alami untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Minum ramuan madu dan lemon hangat.
11. Berolahraga secara teratur
Gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga secara teratur dapat membantu seseorang untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Hal ini akan dapat membantu tubuh untuk cara mencegah radang tenggorokan dan berbagai macam serangan penyakit maupun penularan penyakit dari orang lain.

12. Mengkonsumsi QnC Jelly Gamat
Tips mencegah radang tenggorokan yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi QnC Jelly Gamat, QnC Jelly Gamat ini merupakan obat herbal yang terbuat dari bahan alami teripang emas segar dan dipadukan dengan bahan alami lainnya. QnC Jelly Gamat ini mampu membunuh virus dan juga bakteri penyebab radang tenggorokan, sehingga sangat bagus untuk mencegah dan juga mengobati radang tenggorokan. QnC Jelly Gamat ini sangat aman untuk dikonsumsi, karena tidak menimbulkan efek samping apapun. Untuk anda yang berminat memesan obat herbal QnC Jelly Gamat ini, anda bisa hubungi kami (SATELIT HERBAL) di No. 0812.2442.9800 atau PIN BB 2B489FF8 atau anda bisa juga mengunjungi website kami ( obatradangtenggorokan79.mkes.info/ )untuk melihat khasiat dari QnC Jelly Gamat ini dan juga untuk mengetahui cara pemesanannya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda, Terimakasih atas kunjungannya.

posted by. Obat Pneumonia
Share: