Kenali Tanda Dan Gejala Pneumonia

Kenali tanda dan gejala pneumonia.- Selamat datang di website obat pneumonia, kali ini kami akan memberikan informasi tentang tanda dan gejala pneumonia.

Sekilas Tentang Pneumonia
Pneumonia adalah kondisi inflamasi pada paru—utamanya memengaruhi kantung-kantung udara mikroskopik yang dikenal sebagai alveolus. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan lebih jarang mikroorganisme lainnya, obat-obatan tertentu, dan kondisi lain seperti penyakit autoimun. Pada saat menderita pneumonia, sekumpulan kantong-kantong udara yang kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan bengkak dan penuh cairan. Pneumonia merupakan penyebab kematian anak-anak tertinggi di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan terdapat sekitar 1,1 juta orang anak di dunia yang meninggal tiap tahun akibat penyakit ini.
Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-8 terbesar di dunia terkait angka kematian anak-anak karena pneumonia. Pada tahun 2008 saja, penyakit ini telah merenggut sekitar 38.000 jiwa anak Indonesia.
Pneumonia paling umum ditemukan dan berpotensi untuk bertambah parah pada bayi dan anak-anak (terutama, di bawah usia dua tahun), manula (terutama, di atas 65 tahun), orang dengan masalah kesehatan lain, seperti penyakit paru-paru atau sistem kekebalan tubuh yang lemah, serta perokok. Mereka cenderung memiliki risiko tinggi untuk memerlukan perawatan di rumah sakit.

Tanda Dan Gejala Pneumonia

Gejala pneumonia bervariasi dan dapat timbul dalam bentuk yang ringan sampai berat, tergantung dari tingkat infeksi, usia, dan penyebab. Gejala klasik pneumonia yang disebabkan oleh bakteri tipikal/khas biasanya timbul mendadak dan berkembang dengan cepat. Gejala utama yang sering ditemui adalah batuk berdahak maupun tidak berdahak, demam, sesak napas dan nyeri pada bagian dada/perut.
Batuk dapat disertai atau tidak disertai dahak. Batuk berdahak merupakan gejala yang paling sering pada penderita pneumonia. Dahak penderita pneumonia dapat berupa dahak kental, menyerupai nanah, atau disertai bercak darah. Umumnya, dahak penderita akan lebih menyerupai nanah.
Demam pada pneumonia umumnya tinggi (≥ 38 oC), disertai menggigil dan peningkatan denyut jantung. Demam dapat saja tidak ditemui pada penderita yang sudah akut atau berat. Demam sendiri sebenarnya termasuk gejala yang tidak spesifik pada pneumonia, karena demam merupakan reaksi infeksi umum yang dapat ditemui pada berbagai penyakit lain. Gejala tidak spesifik lain yang dapat menyertai pneumonia antara lain berkeringat, nyeri kepala, nyeri otot, rasa tidak enak pada seluruh tubuh, nyeri tenggorokan, suara parau, mual, muntah, diare, dan tidak napsu makan.
Penderita dapat mengalami sesak napas karena gangguan pertukaran udara pada paru yang mengalami radang. Napas cepat dan tarikan dinding dada ke dalam sebagai kompensasi gangguan pertukaran udara paru sering ditemui pada penderita. Jika radang mengenai lapisan pembungkus paru (pleura), maka dapat timbul nyeri dada/perut yang memburuk dengan tarikan napas (nyeri dada pleuritik).
Pada bayi, batuk jarang ditemui. Gejala yang sering pada bayi dan anak adalah napas cepat, sesak napas, tarikan dinding dada atau penurunan kesadaran.  Napas cepat diartikan sebagai frekuensi napas >60 kali per menit pada bayi di bawah 2 bulan, >50 kali per menit pada bayi 2 bulan – 1 tahun, dan > 40 kali per menit pada anak 1 – 5 tahun. Pada orang tua, gejala pneumonia tidak terlalu khas; gejala awal dapat berupa disorientasi/kebingungan yang muncul tiba-tiba atau memburuk dari sebelumnya.
Pada pneumonia atipikal/tidak khas, permulaan gejala perlahan-lahan (tidak mendadak), demam tidak terlalu tinggi, batuk tidak berdahak atau dengan dahak kental, gejala tidak spesifik lebih sering ditemui, dan gejala di luar paru lebih jelas.
Gejala pneumonia yang berat dapat berupa kulit kebiruan, kejang, muntah hebat, demam sangat tinggi, penurunan kesadaran, dan kegagalan organ. Pneumonia berat dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti gagal napas, gagal organ, gangguan perdarahan, dan penyebaran infeksi ke otak, jantung atau seluruh tubuh sampai kematian.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tanda dan gejala pneumonia, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat.

Saran Pengobatan

Untuk informasi pengobatan penyakit pneumonia secara herbal dan alami, anda bisa hubungi SATELIT HERBAL di No. 0812.2442.9800 atau Pin bb : 2B489FF8 atau anda juga bisa mengunjungi website kami => obatpneumonia.mkes.info/

Terimakasih atas kunjungannya :)

posted by. Obat Pneumonia
Share: