Mengenal Penyakit Pneumonia Aspirasi

Mengenal Penyakit Pneumonia Aspirasi.- Selamat datang di website obat pneumonia, kali ini kami akan memberikan informasi tentang penyakit pneumonia aspirasi.

Sekilas Tentang Pneumonia Aspirasi

Pneumonia Aspirasi (aspirasi pneumoni) biasanya disebabkan oleh aspirasi isi lambung, Pneumonia yang terjadi sebagian bersifat kimia akibat reaksi terhadap asam lambung, sebagian lagi bersifat bakterial akibat organisme yang mendiami mulut dan lambung Aspirasi paling sering terjadi sebelum dan sesudah anastesia, para pecandu alkohol, atau pada pasien yang refleks muntah dan batuknya tertekan.

Penyebab Penyakit Pneumonia Aspirasi

Partikel kecil dari mulut yang masuk ke saluran pernapasan biasanya akan dikeluarkan terlebih dahulu sebelum masuk ke paru-paru oleh mekanisme pertahanan normal atau mengakibatkan peradangan maupun infeksi. Bila partikel tidak bisa dikeluarkan maka bisa mengakibatkan pneumonia.
Pneumonia juga berisiko dialami orang yang kondisi fisiknya lemah, seseorang yang mengalami keracunan alkohol atau obat. Bahkan seseorang yang tidak sengaja menghirup sebagian bahan makanan yang dimuntahkannya juga bisa menderita pneumonia aspirasi.

Gejala Penyakit Pneumonia Aspirasi
  • PNEUMONITIS KIMIA
    Pneumonitis kimia terjadi bila zat yang terhirup bersifat racun terhadap paru-paru, dan masalah yang akan timbul lebih bersifat iritasi daripada infeksi. Zat yang terhirup biasanya adalah asam lambung. Yang terjadi dengan segera adalah sesak nafas dan peningkatan denyut jantung. Gejala lainnya berupa demam, dahak kemerahan dan kulit yang kebiruan karena darah yang kurang teroksigenisasi (sianosis).
    Untuk menegakkan diagnosis dilakukan foto dada serta pengukuran konsentrasi oksigen dan karbondioksida dalam darah arteri. Pengobatan terdiri dari terapi oksigen dan jika perlu bisa diberikan ventilator mekanis. Bisa dilakukan pengisapan trakea untuk membersihkan saluran pernafasan dan mengeluarkan benda yang terhirup. Untuk mencegah infeksi, kadang-kadang diberikan antibiotik.
    Biasanya penderita pneumonitis kimia bisa segera sembuh atau akan semakin memburuk menjadi suatu sindroma gawat pernafasan akut atau menjadi suatu infeksi bakteri. Sekitar 30-50 % pernderita meninggal.
  • ASPIRASI BAKTERI
    Aspirasi bakteri adalah bentuk pneumonia aspirasi yang paling sering terjadi. Hal ini biasanya terjadi karena bakteri tertelan dan masuk ke dalam paru-paru.
  • OBSTRUKSI MEKANIK
    Penyumbatan mekanik saluran pernafasan bisa disebabkan oleh terhirupnya partikel atau benda asing. Anak kecil beresiko tinggi karena sering memasukkan benda ke dalam mulutnya dan menelan mainan kecil atau bagian-bagian dari mainan. Obstruksi juga dapat terjadi pada orang dewasa, terutama jika daging terhirup pada saat makan. Jika benda menyumbat trakea, pasien tidak dapat bernafas atau bicara. Jika benda tersebut tidak dikeluarkan dengan segera penderita akan segera meninggal.
    Dilakukan Manuver Heimlich, untuk mengeluarkan benda asing dan tindakan ini biasanya dapat menyelamatkan nyawa penderita. Jika benda asing tertahan di bagian yang lebih bawah dari saluran pernafasan, bisa terjadi batuk iritatif menahun dan infeksi yang berulang. Benda asing biasanya dikeluarkan dengan bronkoskopi (alat dimasukkan melalui saluran pernafasan dan benda asing dikeluarkan). 

Diagnosis Penyakit Pneumonia Aspirasi

Dokter bertanya tentang gejala dan riwayat medis, dan melakukan pemeriksaan fisik. Selama pemeriksaan, dokter mendengarkan jantung dan paru-paru stetoskop. Tes mungkin termasuk yang berikut:
  • Dada X-ray – menentukan, apakah ada infiltrasi dalam paru-paru, yang mungkin merupakan gejala infeksi;
  • Dahak Budaya – dahak (slizistopodobnaya sekresi dari paru-paru) Hal ini dapat diuji, untuk menentukan, yang antibiotik harus digunakan untuk pengobatan;
  • Bronkoskopi – tabung dengan kamera pada akhirnya dapat dimasukkan melalui hidung atau mulut ke dalam saluran udara, untuk mendapatkan sampel dahak dan untuk memeriksa saluran udara;
  • Studi barium radiopak – jika Anda memiliki masalah dengan menelan dokter dapat melihat aspirasi untuk cahaya X-ray. 
Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang penyakit pneumonia Aspirasi, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Saran Pengobatan

Untuk informasi pengobatan penyakit pneumonia dengan cara herbal dan juga alami, anda bisa hubungi SATELIT HERBAL melalui Telp di 0812.2459.8008 bisa juga melalui SMS / WA di 0812.2442.9800 atau bisa juga melalui BBM : D26B1DF1

Anda juga bisa mengunjungi website kami di => obatpneumonia.mkes.info

Terimakasih atas kunjungannya :)

posted by. Obat Pneumonia
Share: