Mengenal Penyakit Sinusitis Maksilaris

Mengenal Penyakit Sinusitis Maksilaris.- Selamat datang di website obat pneumonia, kali ini kami akan memberikan informasi tentang penyakit sinusitis maksilaris.

Sekilas Tentang Sinusitis Maksilaris

Sinus maksilaris adalah peradangan salah satu dari empat sinus paranasal, yang terletak dekat hidung. Sinus maksilaris adalah yang terbesar dari sinus paranasal. Kedua sinus maksilaris terletak di bawah pipi, di atas gigi dan pada sisi hidung.
Sinus maksilaris berbentuk seperti piramida dan masing-masing berisi tiga gigi berlubang, yang menunjuk ke samping, ke dalam, dan ke bawah. Sinus adalah lubang berisi udara kecil yang ditemukan di tulang wajah. Mereka mengurangi berat tengkorak, menghasilkan lendir, dan mempengaruhi kualitas nada suara seseorang. Sinus maksilaris mengalirkan air masuk ke dalam hidung melalui lubang yang disebut ostia .Ketika ostia menjadi tersumbat, sinusitis dapat terjadi. Ostia sinus maksilaris sering menyumbat, karena ostia yang terletak di dekat bagian atas sinus maksilaris membuat drainase yang sulit.

Penyebab Sinusitis Maksilaris

  • Sinus maksilaris akan terinfeksi atau berubah menjadi penyakit disebabkan penyumbatan di ostium, pembukaan dimana lendir mengalir dari sinus maksilaris.
  • Jika gigi terinfeksi di dekat daerah sinus tersebut, jamur atau bakteri bisa masuk lewat koneksi mulut dan rongga hidung, lalu turun ke area sinus maksilaris.
  • Pilek atau alergi biasa juga berpotensi alami penyakit ini.

Ternyata, penyebab sinusitis maksilaris sangatlah sederhana dan bisa terjadi dengan cepat. Oleh karena itu, ada baiknya mempelajari gejala dan tanda yang muncul.

Gejala Sinusitis Maksilaris

Gejala infeksi sinus maksilaris akut berupa demam, malaise (perasaan tidak enak badan yang tidak jelas) dan nyeri kepala yang tidak jelas. Wajah terasa bengkak, penuh dan gigi terasa nyeri pada gerakan kepala mendadak, misalnya waktu naik atau turun tangga, seringkali terdapat nyeri.
Sinusitis maksilaris dapat menjadi komplikasi infeksi pernapasan atas. Sinusitis dapat menimbulkan gejala demam, nyeri dan nyeri tekan pada daerah sinus yang terkena. Infeksi berulang atau menetap kadang-kadang menyebbakan post masal drip dan batuk.
Gejala yang tampak dari sinusitis maksilaris adalah rasa nyeri yang dapat dirasakan di belakang mata dan di dekat gigi premolar kedua dan gigi molar pertama dan kedua.
Sinusitis yang sejatinya merupaan bagian gangguan pernafasan pada hidung. Sinusitis merupakan jenis penyakit yang mengganggu pernafasan yang pada umumnya pernah di derita oleh beberapa orang. sinusitis maksilaris sendiri merupakan jenis sinusitis yang paling sering dan banyak di derita oleh sebagian orang.
Mereka yang menderita sinusitis maksilaris ini tentunya akan mengalami suatu penderitaan yang tidak menyenangkan, pernafasan terasa tidak sempurna dan hidung terasa seperti ada yang tersumbat, bahkan tidak enak akibat sinusitis maksilaris ini dapat dirasakan hingga ke bagian tenggorokan yang kemudian mengandung lendir/riak yang dikeluarkan.
Riak atau lendir yang keluar dari penderita sinusitis pada umumnya berwarna kuning pekat atau kuning kehijauan. Kebanyakan penderita sinusitis maksilaris adalah pria yang memiliki kebiasaan buruk dalam hidup yakni perokok aktif.
Mereka yang perokok aktif memang memiliki kecenderungan lebih besar terhadap gangguan pernafasan seperti sinusitits maksilaris dan beberapa penyakit lainnya yang cukup berbahaya pula

Bahaya Sinusitis Maksilaris

Sinusitis cukup berbahaya karena dapat meluas menjadi infeksi tulang muka, abces, infeksi menjalar ke otak, telinga, mata. Kondisi apa yang meningkatkan resiko mendapat sinusitis?
  • Apabila terserang flu atau infeksi saluran napas bagian atas (virus, bakteri).
  • Menderita pilek alergi (pilek tiap pagi, ingus encer seperti air).
  • Kelainan anatomi pada tulang hidung atau sinus.
  • Polyp hidung.
  • Faktor lain seperti merokok, polusi udara, terlalu sering memakai nasal spray dekongestan, cuaca dingin, perubahan tekanan udara mendadak (naik pesawat, diving).

INFORMASI PENGOBATAN

Untuk informasi pengobatan penyakit sinusitis maksilaris dengan cara herbal dan juga alami anda bisa hubungi SATELIT HERBAL melalui Telp di 0812.2459.8008 atau SMS / WA di 0812.2442.9800 atau bisa juga melalui BBM : D26B1DF1

Anda juga bisa mengunjungi website kami => obatsinusitis.dkes.org

Terimakasih atas kunjungannya :)

Share: