Bahaya Penyakit Asma Yang Harus Diketahui

Bahaya Penyakit Asma Yang Harus Diketahui.- Selamat datang di website obat pneumonia, kali ini kami akan memberikan informasi tentang bahaya penyakit asma.

Sekilas Tentang Penyakit Asma

Penyakit Asma berasal dari kata “asthma” yang diambil dari bahasa Yunani yang mengandung arti “sulit bernapas”. Gejala awal dari timbulnya penyakit asma adalah adanya gejala sesak napas, batuk dan suara mengi (bengek) yang dikarenakan adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada yang membuat saluran udara menjadi terhambat.
Secara global, pengertian penyakit asma adalah suatu jenis penyakit gangguan pernapasan khususnya pada paru-paru. Asma merupakan suatu penyakit yang dikenal dengan penyakit sesak napas yang dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernapasan karena adanya aktivitas berlebih yang mengakibatkan terhadap suatu rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan dan penyempitan pada pembuluh darah dan udara yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada. Umumnya seseorang yang menderita sesak napas atau asma bersifat sementara dan dapat sembuh seperti sedia kala dengan atau tanpa bantuan obat.

Penyebab Penyakit Asma
  • Infeksi kuman Staphilococus, Streptococus bahkan jenis Virus Influensa
  • Genetik / penyakit turunan
  • Allergi ( bulu binatang, kulit, serbuk sari, obat-obatan, debu)
  • Asap rokok, asap kendaraan/pabrik
  • Perubahan cuaca
  • Spray minyak wangi, zat kimia
  • Stress dan kecapaian
  • Obat-obatan: Aspirin, obat untuk nyeri sendi, obat-obat jantung, antibiotic

Gejala Penyakit Asma

Frekuensi dan beratnya serangan asma bervariasi. Beberapa penderita lebih sering terbebas dari gejala dan hanya mengalami serangan serangan sesak napas yang singkat dan ringan, yang terjadi sewaktu-waktu. Penderita lainnya hampir selalu mengalami batuk dan mengi (bengek) serta mengalami serangan hebat setelah menderita suatu infeksi virus, olah raga atau setelah terpapar oleh alergen maupun iritan. Menangis atau tertawa keras juga bisa menyebabkan timbulnya gejala dan juga sering batuk berkepanjangan terutama di waktu malam hari atau cuaca dingin.
Suatu serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan napas yang berbunyi (mengi, bengek), batuk dan sesak napas. Bunyi mengi terutama terdengar ketika penderita menghembuskan napasnya. Di lain waktu, suatu serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap semakin memburuk. Pada kedua keadaan tersebut, yang pertama kali dirasakan oleh seorang penderita asma adalah sesak napas, batuk atau rasa sesak di dada. Serangan bisa berlangsung dalam beberapa menit atau bisa berlangsung sampai beberapa jam, bahkan selama beberapa hari. Gejala awal pada anak-anak bisa berupa rasa gatal di dada atau di leher. Batuk kering di malam hari atau ketika melakukan olah raga juga bisa merupakan satu-satunya gejala.
Selama serangan asma, sesak napas bisa menjadi semakin berat, sehingga timbul rasa cemas. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.
Pada serangan yang sangat berat, penderita menjadi sulit untuk berbicara karena sesaknya sangat hebat. Kebingungan, letargi (keadaan kesadaran yang menurun, dimana penderita seperti tidur lelap, tetapi dapat dibangunkan sebentar kemudian segera tertidur kembali) dan sianosis (kulit tampak kebiruan) merupakan pertanda bahwa persediaan oksigen penderita sangat terbatas dan perlu segera dilakukan pengobatan. Meskipun telah mengalami serangan yang berat, biasanya penderita akan sembuh sempurna, Kadang beberapa alveoli (kantong udara di paru-paru) bisa pecah dan menyebabkan udara terkumpul di dalam rongga pleura atau menyebabkan udara terkumpul di sekitar organ dada. Hal ini akan memperburuk sesak yang dirasakan oleh penderita.

BAHAYA PENYAKIT ASMA

Menurut data WHO pada tahun 2011 kematian akibat asma, di Indonesia mencapai 14.624 jiwa berarti asma menyebabkan sekitar 1% total kematian di Indonesia sekitar 1.1% populasi Indonesia menderita asma. Jadi walau bisa tergolong penyakit yang jarang asma tetap perlu diwaspadai agar serangannya terkontrol dan tidak dibiarkan mencapai tahap yang membahayakan nyawa. Jika terjadi serangan Asthma, maka pasien akan kesulitan bernafas sehingga  terjadi kekurangan Oksigen sehingga bisa menyebabkan  seseorang yang terkena asma meninggal dunia.
Nah jadi jangan pernah remehkan penyakit asma yang anda alami, karena penyakit asma pun bisa mengantarkan anda kepada kematian.

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bahaya penyakit asma, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

INFO PENGOBATAN

Untuk informasi pengobatan penyakit asma dengan cara herbal dan juga alami, anda bisa hubungi SATELIT HERBAL melalui Telp di 0812.2459.8008 atau melaluin SMS / WA di 0812.2442.9800 bisa juga melalui BBM : D26B1DF1.

Anda juga bisa mengunjungi website obat asma => obatasma.idkes.com

Terimakasih atas kunjungannya :)

Share: