Kenali Bahaya Radang Tenggorokan

Kenali Bahaya Radang Tenggorokan.- Anda mungkin sudah mengenal penyakit radang tenggorokan, ya penyakit ini sangat sering dijumpai di masyarakat.

Radang tenggorokan adalah kondisi ketika dinding tenggorokan menebal atau membengkak. Atau biasanya juga bisa terjadi karena pita suara mengalami peradangan. Hal ini bisa terjadi apabila pita suara melakukan pekerjaan yang melampaui batas. Misalnya Anda terlalu banyak berteriak dan mengeluarkan suara, terlalu banyak bernyanyi dalam waktu yang lama, dan sebagainya. Penyakit ini bisa disebabkan oleh dua faktor penyebab, yaitu virus dan bakteri. Virus yang menyebabkan radang tenggorokan adalah virus coxsackie, sedangkan nama bakteri penyebab radang tenggorokan adalah bakteri streptokokus. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri streptokokus diketahui berpotensi bisa menjadi lebih berbahaya ketimbang penyakit yang diakibatkan oleh virus. Namun radang yang disebabkan oleh bakteri ini umumnya hanya berkisar 10-20 % saja dari semua kasus yang terjadi. Sedangkan sisanya didominasi oleh infeksi virus yang terkadang juga disebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab influenza. Nah, yang perlu Anda perhatikan adalah, cara menyembuhkan radang tenggorokan yang terjadi akibat virus ternyata kurang efektif apabila Anda menggunakan antibiotik. Hal ini justru isa mengakibatkan resistensi kuman terhadap antibiotik, akibatnya penyakit radang tenggorokan Anda justru tidak akan segera sembuh.

Bahaya Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa berbahaya jika tidak segera diobati, karena bisa jadi itu merupakan indikasi munculnya penyakit lain yang lebih serius.
  • Indikasi muncul campak
    Radang  tenggorokan memang sebenarnya bukan suatu penyakit. Namun menjadi indikasi akan terkena suatu penyakit tertentu. Ketika anda merasakan radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh, bahkan sampai 5 hari setelahnya, pantas jika merasa khawatir. Jika ada gejala lain seperti nafsu makan kunjung menurun, disertai batuk dan muncul bisul kecil kecil mungkin memang anda terinfeksi virus lain. Biasanya menurut gejala yang timbul, anda terkena campak.
    Anda akan lebih lama untuk sembuh. Virus yang menjangkiti tubuh anda adalah Epstein barr yang menyebabkan tubuh terkena infeksi mono nucleus. Sebab virus ini akan menyerang sistem limpa anda dan terjadi pembengkakan di sekitar pembuluh yang berada di leher
  • Indikasi sakit kuning
    Radang tenggorokan juga mampu menjadi indikasi dari penyakit kuning. Ketika radang tenggorokan anda terasa semakin parah. Bahkan sampai 6 minggu tak kunjung sembuh, kemungkinan ini adalah gejala dari penyakit lain. Atau bisa jadi virus yang masuk ke dalam tubuh anda menyerang bagian hati. Kondisi ini akan membuat anda terkena penyakit kuning. Penularan virus yang menginfeksi tubuh biasanya memang melalui ludah, seperti ketika secara tidak sengaja anda mencium seseorang yang memiliki virus ini. Itulah mengapa virus ini disebut kissing disease. Selain itu, juga melalui  handuk dan alat makan yang di gunakan bersama-sama
  • Rusaknya klep jantung
    Untuk kalangan bakteri, ia sudah mampu merusak bagian klep jantung. Biasanya bagian dari grup A betahemolitis streptococus. Salah satu gejalanya adalah sore throat atau radang tenggorokan. Namun beberapa penyakit jantung banyak dipengaruhi oleh pola makan yang salah dan gaya hidup tidak sehat yang terus-menerus dilakukan.
  • Sinusitis
    Komplikasi yang semakin parah dari radang tenggorokan bisa menyebabkan sinusitis. Hal ini di sebabkan karena bakteri streptococcus sudah menyerang sinus anda dan merusaknya.
  • Bronkhitis
    Radang tenggorokan yang semakin parah juga bisa menjadi komplikasi dari radang paru-paru atau bronkhitis. Hal ini dikarenakan bakteri yang sudah masuk merusak tenggorokan serta menjalar untuk merusak paru paru anda. Kondosi bronkhitis ini diperparah dengan bahaya merokok bagi kesehatan dan adanya flek paru-paru.
  • Radang ginjal
    Terjadinya radang ginjal salah satu gejalanya adalah radang tenggorokan yang sudah semakin parah. Bakteri yang menyebabkan radang tersebut semakin menjalar dan merusak ginjal.
  • LPR (Laryngo pharyngenal reflux)
    Gejala radang tenggorokan mungkin juga karena adanya tanda bahwa anda terkena LPR. Biasanya penderita ini sudah mengalami alergi dengan di tandai sakit tenggorokan di pagi hari. Hal ini terjadi bersamaan dengan gejala asam lambung naik, lalu masuk ke belakang tenggorokan anda. Anda merasa ada benjolan di tenggorokan dan rasanya asam. Penderita mulai sering betuk untuk mengeluarkan dahak. Hal ini terjadi otomatis dari sistem tubuh yang berusaha membersihkan tenggorokan.

Nah itulah bahaya dari radang tenggorokan, jadi mulai dari sekarang jangan sepelekan penyakit radang tenggorokan yang anda alami, karena jika tidak segera diobati bisa berbahaya.

INFO PENGOBATAN

Untuk pengobatan penyakit radang tenggorokan dengan cara herbal dan juga alami, anda bisa hubungi SATELIT HERBAL melalui Telp di 0812.2459.8008 atau melalui SMS / WA di 0812.2442.9800 atau bisa juga melalui BBM : D26B1DF1

Anda juga bisa mengunjungi website Obat Radang Tenggorokan => obatradangtenggorokan79.mkes.info

Terimakasih atas kunjungannya :)

Share: